Perlukah kita operasi jantung ke luar negeri?

Kesehatan memang merupakan hal yang utama. Banyak orang yang rela untuk mengeluarkan materi yang tidak sedikit dan pergi ke tempat yang jauh sekalipun, demi memperoleh pengobatan bagi kesehatannya. Namun apakah perlu pergi ke luar negeri hanya untuk menjalani operasi jantung? Tentu saja tidak. Berikut ini akan dijelaskan alasan-alasan mengapa kita bisa memperoleh layanan bedah jantung di tanah air yang tidak kalah dengan Singapura, Malaysia, Penang, Australia, dan bahkan layanan kita lebih baik dari mereka.

Layanan operasi jantung yang lengkap

Tim dokter-dokter bedah jantung di Indonesia sudah berpengalaman melakukan prosedur-prosedur operasi jantung yang lengkap. Beberapa prosedur operasi jantung yang bisa dikerjakan di Indonesia dengan hasil yang memuaskan diantaranya (berikut ini disajikan daftar singkat, banyak pula prosedur yang tidak tertera dalam daftar tersebut namun sudah biasa dilakukan dengan rutin di Indonesia):

Operasi penyakit jantung bawaan

  • Perbaikan kebocoran sekat pembatas ruang-ruang jantung (Atrial Septal Defect, atau Ventricular Septal Defect)
  • Perbaikan Tetralogi Fallot
  • Perbaikan transposisi pembuluh darah besar (Arterial Switch Operation untuk perbaikan Transposition of Great Arteries)

Bypass jantung koroner

  • CABG on-pump
  • CABG off-pump
  • CABG dengan sayatan kecil (Minimally invasive)

Operasi katup jantung

  • Perbaikan katup jantung
  • Penggantian katup jantung
  • Operasi katup jantung dengan sayatan kecil (Minimally invasive)

Operasi aritmia

  • Prosedur MAZE

Operasi tumor jantung

  • Operasi pengangkatan miksoma

Operasi aorta

  • Bentall Procedure
  • Perbaikan aneurisma aorta
  • Perbaikan diseksi aorta
  • Perbaikan aorta secara endovaskular (TEVAR/EVAR)

Biaya yang lebih murah

Biasanya pasien harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya operasi di luar negeri, misalnya biaya operasi bypass jantung di Singapura bisa mencapai S$ 75.000 atau sekitar Rp 750 juta. Sedangkan operasi jantung di Indonesia dengan layanan Super Duper VIP sekalipun biayanya masih sangat jauh di bawah itu. Belum lagi biaya transportasi, penginapan dan biaya hidup untuk keluarga yang ikut mengantar ke luar negeri. Biaya operasi bypass jantung di RSJPD Harapan Kita berkisar antara 63-130 juta rupiah. Jika ingin mendapatkan layanan yang lebih nyaman seperti di luar negeri, silakan kunjungi Paviliun Sukaman dan layanan Weekend Service RS Jantung & Pembuluh Darah Harapan Kita. Sedangkan RS Awal Bros Tangerang yang kini menjadi RS Primaya Tangerang meluncurkan paket biaya operasi bypass jantung Rp 130 juta.

Tidak ada kendala bahasa

Ketika penulis sedang tinggal atau berada di luar negeri, hal yang paling ditakuti adalah ketika sakit, karena kita akan lebih sulit untuk mengkomunikasikan gejala apa saja yang kita rasakan kepada para dokter asing dan sebaliknya kadang sulit menerima penjelasan mengenai tindakan atau obat-obatan apa saja yang akan kita terima karena kendala bahasa.

Layanan yang memuaskan

Atas seizin Allah SWT, banyak pasien yang telah sembuh dari penyakitnya dan menyatakan puas dengan layanan bedah jantung, sejak dari poliklinik, tindakan di kamar operasi, perawatan di ICU, rehabilitasi medik, dan ruang rawat Rumah Sakit di Indonesia.

Testimoni pasien-pasien RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta.

Tim dokter dan perawat terus meng-update ilmu dan keterampilannya

Tim dokter dan perawat yang menangani pasien-pasien operasi jantung terus belajar sepanjang hayat untuk memperbaharui ilmu dan keterampilannya, dengan mengikuti seminar, kursus, advanced clinical training, dan fellowship baik di dalam negeri maupun di luar negeri, seperti ke Jepang, Korea Selatan, China, Taiwan, Kanada, Amerika Serikat, Jerman, dan Negara-negara di Eropa lainnya. Sampai sekarang kami masih menjalin kerja sama yang baik dengan guru-guru kami di luar negeri. Tak jarang para Profesor guru-guru kami dari luar negeri datang ke Indonesia untuk membimbing kami mengerjakan operasi kasus-kasus yang sangat kompleks.

Foto bersama pasien pasca operasi aorta dan kakaknya. Diunggah atas seizin pasien tersebut.

Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, dimana travelling ke luar negeri, bertemu dengan banyak orang di perjalanan, di bandara, di pesawat terbang meningkatkan resiko untuk terpapar penyakit yang tidak kita inginkan. Maka menempuh proses terapi di dalam kota atau di dalam negeri akan mengurangi resiko-resiko tersebut. Silakan baca juga artikel mengenai Operasi jantung di masa pandemi covid-19.

Nah…, jadi tidak perlu pergi ke luar negeri untuk menjalani operasi jantung kan?


Silakan baca juga…

Mitra Klinikita

dr. Bagus Herlambang, SpBTKV, PhD
dr. Bagus Herlambang, SpBTKV, PhD

Penulis adalah seorang dokter spesialis bedah jantung dan pembuluh darah (Bedah Toraks dan Kardiovaskular) di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta.

Potretbagus Signature

© 2019 Bagus Herlambang All Rights Reserved


Anda menyukai website ini? Ingin memiliki website atau blog seperti ini juga? Saya membuatnya dengan WordPress. Tidak sulit kok. Silakan kunjungi tautan ini untuk mempelajarinya lebih lanjut. Gratis, atau dapatkan kredit US$25 dengan semua tipe layanan berbayar dengan membelinya melalui tautan ini.

You like this website? Do you want to have a website or blog like this? I made it with WordPress, the best and beginner-friendly Website Builder. Visit this link to learn more about it. You can start your free blog or earn US$25 credit with any paid plan by sign up thru this link.

Share to Social Media:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

4 Comments

  1. Knp musti ke LN, di RS. Harapan Kita juga ada dr. Bagus Herlambang SpBTV…yg handal top markotop kesayangan bpk Kastur , tks lewat tangan docter atas ijin Allah smp sekarang pk Kastur sehat2 aja….👍🙏

    1. Alhamdulillah, atas seizin Allah Bapak segera pulih pasca operasi dan sehat selalu. Saya sangat bersyukur Bu. Matur nuwun atas kepercayaan dan do’anya nggih Bu Kastur. Salam untuk Bapak.

  2. Terma kasih atas operasinya Dokter Bagus.. saya sekarang sudah kembali normal lagi dan bisa kembali ke kantor utk berkegiatan..

Tuliskan komentar Anda