Video main musik dengan kloning diri sendiri pakai green screen

Hari Ibu diperingati di Indonesia setiap tanggal 22 Desember. Saya ingin sekali mempersembahkan permainan musik untuk Ibunda dan istri tercinta di hari yang berbahagia itu. Jadi saya membuat duet video kloning diri sendiri pakai green screen.

Istri saya seorang pianis. Saya pemain biola. Sebetulnya kami biasa duet biola dan piano dalam berbagai kesempatan. Namun kali ini kalau saya mengajak istri saya untuk main musik, nanti tidak jadi persembahan musik untuk istri saya dong.

Akhirnya timbul ide untuk main musik dengan kloning atau kembaran diri sendiri. Berikut ini adalah video lagu Kasih Ibu yang saya mainkan dengan biola bersama dengan diri saya sendiri yang memainkan gitar.

Kasih Ibu – Ciptaan SM Mochtar

“Kok bisa…?”
“Baru tahu bahwa Bagus ternyata punya kembaran ya…”
“Gimana bikinnya?”

Banyak teman yang bertanya demikian ketika saya share video tersebut ke beberapa media sosial. Saya jawab, “Hehehe… saya juga baru tahu bahwa saya punya kembaran.” πŸ˜€

Saya akan jelaskan bagaimana cara saya membuatnya.

Perencanaan

Ini adalah elemen yang paling penting dari proses pembuatan video musik ini. Bila perlu ditulis atau dibuat gambar rancangannya.

Pertama saya rencanakan setting videonya adalah saya akan bermain gitar sebagai intro sambil duduk di belakang, lalu kloning saya akan masuk di tengah-tengah permainan gitar untuk bermain biola di depan, tapi posisinya jangan sampai menutupi pemain gitar.

Kemudian saya rekaman dulu permainan gitar sebagai intro dan iringan chord musik dengan setting posisi duduk seperti perencanaan di atas.

Berikutnya saya ganti baju, lalu rekaman permainan biola sambil mendengarkan permainan gitar saya dengan menggunakan earphone di satu telinga. Earphone di satu telinga ini penting agar timing saat masuk dan tempo permainan biola saya cocok dengan iringan gitar. Pada saat rekaman permainan biola ini, saya menggunakan green screen sebagai latar belakang.

Langkah terakhir adalah menggabungkan kedua video tersebut di video editor dengan teknik green screen overlay. Dengan demikian maka semua warna hijau pada green screen scene akan menjadi transparan, dan scene video gitar akan menjadi latar belakang yang mengisi space transparan tersebut.

Rekaman gitar sebagai latar belakang

Video di atas adalah rekaman video permainan gitar sebagai background, baik gambar latar belakang maupun intro dan background iringan musik.

Rekaman biola sebagai latar depan

Video di atas adalah rekaman video permainan biola sebagai latar depan. Putar video permainan gitar tadi dengan menggunakan perangkat yang berbeda dengan yang digukanan untuk merekam video ini. Tolong perhatikan ada satu earphone di telinga kanan saya, dan background berwarna hijau sebagai green screen.

Menggabungkan kedua video tersebut

Menggabungkan dua video untuk membuat video kloning diri sendiri pakai green screen.

Kedua video tersebut saya gabung dengan menggunakan iMovie, video editor bawaan Mac OS. Tentu saja editing video ini bisa juga dilakukan dengan video editor lain di sistem operasi manapun yang memiliki fungsi pengaturan green screen overlay.

Setting Green Screen Overlay

Dengan memilih setting overlay Green/Blue Screen, maka space yang berwarna hijau pada video permainan biola akan diisi oleh scene permainan gitar sebagai latar belakang.

Nah, mudah bukan? Selamat mencoba membuat video kreatif semacam ini ya.

Selamat Hari Ibu untuk para Ibu hebat di negeri ini!


Share to Social Media:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

8 Comments

  1. Keren banget doc, tidak terbayangkan seorang spesialis BTKV bisa mengispiratif banyak
    Orang, sukses terus ya docπŸ€²πŸ€²πŸ™

  2. Ma syaa Allah sangat kreatif, sukses selalu, terutama sebagai Surgeon BTKV yg sangat dibutuhkan, semoga Allah SWT selalu melindungi, aamiin

Tuliskan komentar Anda